Sabtu, 04 Maret 2017

PELATIHAN PERAWATAN DAN PERBAIKAN KAPAL FIBRE GLASS DI KAB. GRESIK TGL 07 S/D 10 PEB. 2017



Gresik - Pada pelatihan perawatan dan perbaikan kapal fibre glass di kabupaten Gresik materi yang disampaikan meliputi :
1.       Jenis kapal perikanan
2.       Mengenal fibre glass
3.       Lapisan fibre glass untuk palka ikan
4.       Pembuatan kapal fibre glass
5.       Perawatan kapal fibre glass
6.       Keselamatan kerja
7.       Praktek perbaikan lapisan fibre glass
8.       Praktek pembuatan lapisan fibre glass
Pada materi jenis kapal perikanan membahas tentang karakteristik kapal perikanan dan dikenalkan dengan jenis-jenis kapal perikanan seperti tonda, rawai, huhate dsb. Sebelum membahas masalah perawatan kapal fibre glass lebih lanjut peserta diperkenalkan dengan apa itu fibre glass dan bahan bahan pembentuk fibre glass yaitu resin, accelerator, katalis, bahan penguat (mat dan roving), pigmen, talc, gelcoat, mirror glass dan acceton. Setelah mengenal bahan-bahan pembentuk fibre glass  selanjutnya peserta diajarkan tentang pembuatan lapisan fibre glass untuk palkah ikan. Disini dijelaskan tentang apa saja peralatan yang dibutuhkan, komposisi jumlah pemakaian bahan, persiapan palka yang akan difibre dan prosedur kerjanya.
Pada materi pembuatan kapal fibre glass dijelaskan tentang keuntungan dan kerugian dari kapal fibre glass dan garis besar dari pembuatan kapal fibre glass yang meliputi peralatan yang digunakan, komposisi jumlah pemakaian bahan dan langkah-langkah pembuatan kapal fibre mulai dari pembuatan cetakan, lambung kapal, tulang/gading sampai dengan proses finishing. Ada beberapa macam kerusakan pada kapal fibre glass baik kerusaka yang terjadi pada saat pembuatan maupun kerusakan dalam pemakaian sehingga pada materi perawatan kapal fibre glass dijelaskan tentang bagaimana cara merawat kapal fibre glass dan cara memperbaiki jika terjadi kerusakan pada kapal fibre glass.
Sebelum melakukan praktek pembuatan dan perbaikan lapisan fibre glass penting sekali untuk diketahui peserta pelatihan tentang bahaya dari bahan fibre glass dan bagaimana pencegahan dan perlindungannya serta pesyaratan-persyaratan tempat kerjanya. Hal ini dijelaskan pada meteri keselamatan kerja.
Demikian sekilas materi yang disampaikan pada kegiatan pelatihan perawatan dan perbaikan kapal fibre glass di Kabupaten Gresik, semoga bermanfaat (sri lestari)
Pemaparan materi oleh Bp Samsudin
Pembukaan pelatihan perawatan dan perbaikan kapal
Fibre glass di Kab. Gresik
                                             

Tidak ada komentar:

Posting Komentar